Cara Mengatasi Error Legacy Boot of UEFI Media

Tentang Error Legacy Boot of UEFI Media

Error Legacy Boot of UEFI Media biasanya terjadi saat akan instal ulang Windows atau Linux dengan menggunakan USB Flash drive. Pesan errornya seperti ini:

uefi bios error

ERROR: LEGACY BOOT OF UEFI MEDIA
Thiis drive can only boot ini UEFI mode.
It can not boot in BIOS/Legacy mode.

If you want to boot this drive in BIOS/Legacy mode, you should recreate it in Rufus using the following setting:

Partition scheme -> MBR
Target system -> BIOS

Penyebab Error Legacy Boot of UEFI Media

Error ini terjadi karena pengaturan Flash Drive instalasi menggunakan UEFI, sedangkan pengaturan boot komputer masih menggunakan BIOS.

BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System, yaitu sistem firmware komputer yang diperkenalkan oleh IMB sejak tahun 1975.

Sedangkan UEFI (Unified Extensible Firmware Interface) adalah sistem Firmware komputer baru yang menggantikan BIOS, atau lebih tepatnya mengupdate fungsi BIOS yang sudah ketinggalan zaman.1

Kembali ke topik masalah ini, Error ini terjadi karena kita akan menginstal OS (Windows/Linux) menggunakan Flashdisk (USB Flash Drive) yang sudah menggunakan sistem baru, namun komputernya ternyata masih menggunakan firmware lama.

Solusi Error Legacy Boot of UEFI Media

Pada poin sebelumnya dikatakan bahwa masalah ini karena Flashdisk Instalasi OS menggunakan sistem UEFI, sedangkan komputer masih menggunakan sistem BIOS yang sudah ketinggalan zaman.

Ada 2 solusi untuk masalah ini yaitu:

Ubah pengaturan BIOS ke UEFI

Cara ini bisa dilakukan untuk komputer generasi baru yang sudah support UEFI. Jika komputer anda tidak support UEFI, coba cara kedua.

Cara mengganti BIOS ke UEFI yaitu dengan cara masuk ke BIOS setup utility dengan cara:

1. Hidupkan komputer
2. Sebelum booting tekan tombol DEL atau F2 pada keyboard.
3. Pilih menu Boot, lalu ubah UEFI/BIOS Boot mode dari Legacy ke UEFI.
4. Kemudian pilih Save & Exit

Seperti pada gambar berikut ini:

american megatrends bios

Pengaturan BIOS/UEFI bisa jadi berbeda di setiap komputer, jika tidak ditemukan pengaturan ini, coba cara kedua.

Buat Ulang Flash Drive Instalasi OS

Seperti pada pesan error ini yang mengatakan “you should recreate it in Rufus…” yang berarti bahwa USB Flash Drive instalasi OS ini dibuat dengan software bernama Rufus, dan pesan error ini mengharuskan anda untuk membuat ulang dengan Rufus dengan pengaturan berbeda.2

Buat ulang Bootable Flash Drive dengan pengaturan, seperti:
Skema Partisi : MBR
Sistem Target: BIOS

Contoh pengaturannya pada gambar berikut ini:

rufus id

Setelah membuat ulang, silahkan dicoba kembali. Cara ini cocok untuk komputer dengan mainboard generasi lama yang mendukung sistem UEFI.

Was this helpful?

7 / 2

Referensi
  1. Penjelasan Apa Itu UEFI dan Bedanya Dengan Legacy[]
  2. Rufus[]
Gimori

Informasi ini bersumber dari Official Support

Solusi error ini bersumber dari dukungan resmi yang mewakili pembuat / pengembang produk atau pemilik layanan. Bersumber dari knowledge base, FAQ, Forum Resmi, atau social media resmi dari pemilik layanan. Jika cara ini tidak memecahkan masalah, silahkan langsung hubungi official support untuk masalah ini.

3 Langkah Ersolusi Mengatasi Error

Jelaskan Informasi Error

Kami mengumpulkan informasi error, pada aplikasi atau layanan apa error itu terjadi. Jika pesan error dalam bahasa inggris, kami memberikan penjelasannya dalam Bahasa Indonesia agar mudah dipahami.

Ketahui Penyebab Error

Selanjutnya kami mengumpulkan penjelasan resmi dari pemilik layanan atau komunitas yang berisi para ahli untuk menjelaskan masalah ini. Untuk menjelaskan mengapa hal ini bisa terjadi.

Berikan Solusi Error

Kami merangkum Cara fix error, cara memperbaiki error dari pengalaman pengguna atau dari penjelasan pemilik layanan. Jika berasal dari komunitas, kami pilih solusi yang benar-benar terbukti menyelesaikan masalah.